Ahmad Syaikhu : Upaya Bijak untuk Penanggulangan Banjir

Ahmad Syaikhu : Upaya Bijak untuk Penanggulangan Banjirby adminon.Ahmad Syaikhu : Upaya Bijak untuk Penanggulangan BanjirBEKASI SELATAN – Menjelang musim hujan tahun ini, Pemerintah Kota Bekasi, berupaya meminimalisasi bencana banjir di wilayahnya. Seperti diketahui, mulai bulan Desember ini sudah masuk musim penghujan. Mengantisipasi curah hujan yang tinggi dan bencana beberapa wilayah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sudah berupaya untuk melakukan perbaikan infrastruktur di bidang penanggulangan banjir. “Kita telah lakukan penguatan tanggul-tanggul, […]

BEKASI SELATAN – Menjelang musim hujan tahun ini, Pemerintah Kota Bekasi, berupaya meminimalisasi bencana banjir di wilayahnya. Seperti diketahui, mulai bulan Desember ini sudah masuk musim penghujan.

Mengantisipasi curah hujan yang tinggi dan bencana beberapa wilayah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sudah berupaya untuk melakukan perbaikan infrastruktur di bidang penanggulangan banjir.

“Kita telah lakukan penguatan tanggul-tanggul, perbaikan folder folder air sudah terselesaikan, drainase perkotaan juga kita perbaiki dan juga mengefektifkan kaitan-kaitan yang tim pematusan yang mereka melakukan upaya-upaya di PUPR ini untuk menormalisasi aliran aliran air yang ada di kota Bekasi,” ujar Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu saat ditemui di ruangan, senin (27/11/2017).

Wakil Wali Kota yang akrab di sapa Ustad juga mengajak berbagai elemen masyarakat untuk juga melakukan penanggulangannya secara kultural dengan tidak membuang sampah di sungai-sungai, kali-kali dan saluran-saluran sehingga menimbulkan dampak penyumbatan di saluran drainase tidak berjalan dengan baik dan menimbulkan banjir.

Menurutnya, kalau dilihat dari siklus banjir ini bisa jadi masuk siklus 5 tahunan, dimana kita pernah mengalami banjir sebelumnya pada tahun 2002-2007-2012. tahun 2017 ini kita perlu diantisipasi.

“Mudah-mudahan tidak sampai timbul dampak banjir yang meluas dan besar, oleh karena itulah saya terus menekankan pada seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kota untuk melakukan persiapan persiapan yang matang kalaupun timbul dampak kebencanaan dari banjir ini kita sudah berusaha juga untuk menyiapkan BPBD maupun dinas sosial,” imbuhnya.

Ahmad Syaikhu mengatakan, Dinas Sosial Kota Bekasi sudah menyiapkan pos-pos untuk penanggulangan kebencanaan, bukan hanya banjir sebetulnya, setiap kali nanti ada bencana terkait dengan kuota kita dinas sosial sudah siap untuk melakukan upaya-upaya penanggulangan kedaruratan.

“Nanti dibantu dengan BPBD, dimana BPBD siap untuk melakukan misalnya evakuasi terhadap para korban banjir. BPBD punya Tim Rescue yang memang dipersiapkan untuk itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Syaikhu menambahkan, untuk daerah yang kategori rawan banjir, kita sudah menyiapkan RW siaga bencana.

“Jadi untuk wilayah yang memang punya potensi terkena dampak banjir maka kita akan menjadikan itu sebagai RW siaga bencana. RW Siaga itu akan ada kesiagaan penuh pertama dari sisi aparaturnya, juga dari sisi masyarakatnya, kita siapkan juga sarana prasarana untuk menanggulangi banjir,” tutupnya. (Jar)

Print Friendly, PDF & Email

Author: 

Related Posts

Comments are closed.