Celoteh Bekasi

Berita Seputar Bekasi dan Sekitarnya

16 views

Air kiriman Dari Bogor Rendam Perumahan Bekasi

Published on Nov 20 2014 // Bekasi Terkini, Sosial Ekonomi, Top

Bekasi – Air kiriman dari Bogor untuk kesekian kalinya membanjiri wilayah Bekasi. Akibatnya Permukiman warga di sekitar bantaran Kali Bekasi kebanjiran.

Air kiriman Dari Bogor Rendam Perumahan Bekasi

Air kiriman Dari Bogor Rendam Perumahan Bekasi

Perumahan Vila Nusa Indah Bekasi. Banjir setinggi 50 cm telah menggenangi kawasan perumahan tersebut. Di Perum Pondok Gede Permai, Bekasi, genangan air setinggi 30 hingga 60 cm juga ikut masuk ke dalam rumah warga.

Berdasarkan data Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bekasi menyebutkan, banjir akibat luapan dari bantaran Kali Bekasi mulai membanjiri warga sekitar pukul 23.00 WIB semalam.

Perumahan yang pertama terkena limpasan air adalah Pondok Gede Permai (PGP) di Jatiasih, disusul Kemang IFI dan RW26 Margahayu, Bekasi Timur.

“Ketinggian air akibat limpasan itu mencapai 50-100 sentimeter. Paling tinggi di Pondok Gede Permai dan Margahayu, karena wilayah itu paling rendah di antara dataran lainnya,” ujar Ketua Tagana Kota Bekasi Engkus Kustara.

Bukan hanya itu dampak air kiriman juga membanjiri wilayah Teluk Pucung bekasi Utara.

Ditemui ditempat terpisah Walikota Bekasi Bekasi Rahmat Effendi mengatakan banjir kali ini disebabkan kinerja petugas pintu bendung Kali Bekasi yang dinilai tidak maksimal dalam mengelola sirkulasi air sehingga menyebabkan ratusan rumah di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Perumahan Kemang IFI yang berada di Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (20/11) dini hari.

“Saya mengakui, ini adalah kelalaian petugas saat membuka pintu air di Bendungan Kali Bekasi sehingga air meluap melewati tanggul,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Ia berharap untuk meningkatkan keamanan pihaknya untuk menempatkan dua penjaga di Bukit Sentul dan Hambalang yang merupakan hulu Kali Cikeas untuk memantau ketinggian air.(JAR)

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

comment closed

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!