Disnaker Kota Bekasi Optimalkan Pelayanan Prima Pembuatan AK1 Untuk Pencaker

Disnaker Kota Bekasi Optimalkan Pelayanan Prima Pembuatan AK1 Untuk Pencakerby adminon.Disnaker Kota Bekasi Optimalkan Pelayanan Prima Pembuatan AK1 Untuk PencakerBekasi – Permintaan kartu kuning atau AK1 kartu pencari kerja di Kota Bekasi, mengalami peningkatan signifikan. Jumlah rata-rata dalam sehari terdapat 100 – 200 orang Puluhan hingga ratusan warga datang kekantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi untuk mengurus kartu kuning sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan. Kepala Seksi Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota […]

Bekasi – Permintaan kartu kuning atau AK1 kartu pencari kerja di Kota Bekasi, mengalami peningkatan signifikan.

Foto : Disnaker Kota Bekasi Optimalkan Pelayanan Prima Pembuatan AK1 Untuk Pencaker

Jumlah rata-rata dalam sehari terdapat 100 – 200 orang Puluhan hingga ratusan warga datang kekantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bekasi untuk mengurus kartu kuning sebagai salah satu syarat melamar pekerjaan.

Kepala Seksi Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Bekasi, Sektiati Andiani menuturkan, sejak hari pertama masuk kerja, warga sudah banyak yang datang untuk mengurus kartu kuning.

“Untuk saat ini, jumlah warga yang datang mengurus kartu kuning mencapai 200 orang setiap harinya. Karena banyak warga yang ingin melamar pekerjaan, terpaksa harus terlebih dahulu mengurus kartu kuning sebagai salah satu persyaratan melamar kerja,” paparnya.

Pihaknya berjanji akan berupaya memfasilitasi warga untuk mendapat pekerjaan, yakni dengan cara mengadakan job fair yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan yang ada di Kota Bekasi.

“Kami akan berupaya untuk memfasilitasi warga yang ingin bekerja melalui job fair dan tentunya bekerja sama dengan perusahaan bahkan kami sudah mengajukan permohonan kerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) untuk memfasilitasi lapangan kerja. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran  di Kota Bekasi,” sambung Dian.

Didominasi banyaknya pencari kerja dari Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dibanding dengan tingkat lainnya, deperti Sekolah Menengah Atas (SMA), Diploma ataupun Sarjana.

Pencaker dari SMK di tahun kemarin mencapai 16.167 jiwa lebih besar daripada SMA yang hanya berjumlah 4.758 pencaker.

“Betul, dominan pencaker dan pembuatan AK1 dari SMK. Rata-rata per harinya 300 pencaker yang membuatnya. Biasanya Disnaker dipadatali pencaker dalam pembuatan AK1 di masa-masa tertentu. Misalnya seperti masa kelulusan sekolah, menjelang lebaran dan tahun baru,” ujarnya kepada Celoteh Bekasi. Com.

Maka dari itu, guna mempercepat pembuatan AK1 untuk pencaker. Selain di kantor Disnaker para pencaker bisa langsung membuatnya di Mal Pelayanan Publik, Jalan Insinyur Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Di mana pelayanan AK1 dibuka dalam setiap harinya
Pelayanan Kartu AK 1 di Disnaker dari senen sampai dengan jum’at.sedangkan Di MPP (Mall Pelayanan Publik) dari senen sampai dengan sabtu kecuali sabtu dan minggu. Mulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB para pencaker dapat membuat AK1 sebagai salah satu syarat masuk kerja.

Selain itu, ada pula pendaftaran permohonan pembuatan AK1 melalui situ website resminya Disnaker yakni www.disnaker.bekasikota.go.id.

Sekedar mengingatkan, adapun syarat dalam pembuatan AK1, diantaranya foto copy KTP, Ijazah dan pas photo berwarna ukuran 3×4.

“Kita punya aplikasi online sebagai informasi pencaker dan masyarakat. Bahkan pencaker bisa mengajukam permohonan pembuatan AK1 di website Disnaker tersebut,” terang Dian.

Akibat kinerjanya yang terus prima terhadap pelayanan dan meningkatkannya fasilitas, serta sesuai SOP. Disnaker Kota Bekasi pun mendapatkan tiga kali penghargaan secara berturut, mulai dari tahun 2015 sampai 2017.Penghargaannya sebutkan Iso 9001:2008.(Adv/Jar)

Print Friendly, PDF & Email

Author: 

Related Posts

Comments are closed.