Celoteh Bekasi

Berita Seputar Bekasi dan Sekitarnya

649 views

Efunk Finch Pakar Konin Terus Lestarikan Untuk Jaga Ekosistem

Published on Sep 26 2017 // Bekasi Terkini, Komunitas, Top

Bekasi – Dari awalnya hanya memelihara burung, mulai memberanikan diri untuk mengikuti kontes dan ‘breeding’ Breeding dalam konteks yang lebih serius bisa diartikan suatu proses panjang dalam berternak.

Aep Saepullah Nurohman Pria yang akrab dipanging Efunk Finch dan juga anggota KOMANDO ( Komunitas Konin Mania Indonesia) ini memilih lebih memfokuskan pada Kolibri Ninja (Konin) karena jenis burung ini lebih menantang.

“Konin bagi saya burung misteri. Sifatnya sangat mudah berubah.Burung Madu atau yang terkadang disebut oleh beberapa orang sebagai Burung Kolibri  adalah jenis unggas dilindungi dan sudah mulai habis dihabitat baslinya. Jadi saya merasa tertantang,” ujarnya.

Bukan hanya sekedar memelihara ia juga meracik jamu dan pakan burung Konin,alhasih racikan jamu dapat bermanfaat bagi para pecinta Konin,

” ide ketemu jamu yaitu
Melihat kebiasaan burung tersebut dialam liar yg sangat suka menghisap bunga kelapa/aren oleh karna itu saya pakai gula merah/aren yg lebih mudah didapat & tahan lebih lama si banding air niranya,Kuning telur kaya akan protein & omega 3 saya pakai sbagai pengganti serangga/kroto
Air pelarut,seperti glukosa berfungsi sebagai pengobat dehidrasi akut&suplemen makanan supaya tidak gampang ngedrop,larutan penyegar sbagai pengobat serak/panas dalam dan Madu saya pakai sebagai penghangat tubuh karna konin sangat rentan terhadap cuaca/udara dingin,” terang Efunk dengan sangat rinci.

“Saya berharap dengan menshare jamu ini orang-orangan orang dapat memelihara burung ini dengan baik supaya bertahan hidup bahkan smoga bisa ikut menangkarkannya jg supaya lebih mengurangi penangkapan yg slama ini tidak terkontrol,” Harapnya.

Nama Efunk mulai dikenal di luar Pulau Jawa. Banyak yang mengontaknya untuk berkonsultasi.

”Kami biasanya memang share info dan buka konsultasi gratis lewat Facebook di grup KMI ( Konin Mania Indonesia) . Mereka bisa nanya bebas di sana, tapi tetap masih ada yang mengajak ketemuan langsung,” ujarnya.

Kemampuan Efunk dalam dunia Konin memang sudah mumpuni. Di salah satu ruangan di bagian rumahnya, Efunk menernakkan burung kesayangnya itu.

Mulai menetaskan telur, merawat burung anakan, hingga mampu mengoceh dengan baik.

Dengan beternak sendiri seperti itu, dia bisa mengawal langsung pertumbuhan burung hingga dewasa. ”Ini yang disebut Pelestarian,” ujarnya.

NB : KOMANDO selalu mengkampanyekan breeding & stop membeli ombyokan metalik supaya yg metalik/dewasa tetap bisa berproduksi si alam & mencegah kepunahan.

Biofile
Nama : aep saepullah nurohman
Tanggal lahir : 31-08-88
Media sosial:fb,bbm,wa
Facebook : Efunk Finch
Komunitas : KMI
Prestasi terbaru :jarang gantang

(Jar)

Print Friendly, PDF & Email

comment closed

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!