Celoteh Bekasi

Berita Seputar Bekasi dan Sekitarnya

181 views

Efunk Finch Upaya Pelestarian Konin Dengan Teknik Breending

Published on Okt 01 2017 // Bekasi Terkini, Komunitas, Top

Bekasi – Pelestarian dalam upaya penyelamatan satwa, salah satunya dengan breeding dengan mempertahankan kemurnian jenis satwa.

Teknik breeding telah dilakukan salah seorang pakar Konin, Aep Saepullah Nurohman Pria yang akrab dipanging Efunk Finch dan juga anggota KOMANDO ( Komunitas Konin Indonesia)sebagai penyelamatan satwa khususnya jenis burung Kolibri Ninja ( Konin).

Ia menceritaka dengan awal mula mencari info dari para breeding dan lewat media, dari sanalah ia memulai menjodohkan beberapa pasang Koninya-nya.

” Usahakan ke dua burung minimal 1x mabung/dewasa,sama -sama birahi,ketersediaan makanan melimpah sperti nextar+serangga kecil(kroto/laba),tempat sangkar/sarang tenang & nyaman usahakan kalau bisa pagi kena jemur tp tanpa memindahkan sangkar,
Bahan” pembuat sarang bisa menggunakan sarang finch/bambu/batok kelapa/lainnya bahan serat sarang bisa menggunakan serat nanas,sabut kelapa,kapas,tisu,dll,” papar Efunk.

Untuk melahirkan anakan Konin berkualitas, Efunk memiliki trik tersendiri dimana menengai pakan dan posisi sarang.

“Pasokan serangga 2x lipat lebih banyak pada saat proses pelolohan
Anakan biasanya akan keluar sarang di usia 20hari
Slama loloh jangan sampai kekurangan stok serangga karna akan mengakibatkan anakan mati,
Lanjut iya mengatankan,Posisi sarang menghadap ke tempat dimana matahari terbit
Proses pengeraman yaitu selama 12 hari,” jelas Efunk

Dalam penangkaran memang diperlukan keuletan juga disiplin. Karena itulah, meski sedikit merepotkan, namun Efunk melakukanya dengan senang hati.

Efunk berharap mampu menjadi ruang belajar bersama untuk membantu para pemelihara burung supaya burung-burung terpelihara dengan layak,dengan tujuan mengurangi angka kematian pada burung.

Dengan tulisan ini penulis juga berharap mampu memberikan atau menyumbangkan konsep-konsep alternatif pelestarian burung tanpa ada pihak yang dirugikan.(Jar)

Print Friendly, PDF & Email

comment closed

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!