Hari Konservasi Alam Nasional PJB UP Muara Tawar Tanam 2.250 Mangrove

Hari Konservasi Alam Nasional PJB UP Muara Tawar Tanam 2.250 Mangroveby adminon.Hari Konservasi Alam Nasional PJB UP Muara Tawar Tanam 2.250 MangroveTARUMAJAYA – Sebagai bentuk kepedulian lingkungan sekaligus memperingati Hari Konservasi Alam Nasional,PT. PJB UP Muara Tawar terus mengupayakan pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai. Mengingat manfaatnya yang begitu besar Manejer CSR PT. PJB UP Muara Tawar, Catur Budi Prasetyo mengatakan, perlu peran serta seluruh elemen bangsa […]

TARUMAJAYA – Sebagai bentuk kepedulian lingkungan sekaligus memperingati Hari Konservasi Alam Nasional,PT. PJB UP Muara Tawar terus mengupayakan pelestarian hutan mangrove perlu terus digalakkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai.

foto : Hari Konservasi Alam Nasional PJB UP Muara Tawar Tanam 2.250 Mangrove

Mengingat manfaatnya yang begitu besar Manejer CSR PT. PJB UP Muara Tawar, Catur Budi Prasetyo mengatakan, perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove.

Penanaman pohon mangrove ini dilakukan oleh manajemen PT. PJB UP Muara Tawar, Koramil, Polsek Tarumajaya, Pokmaswas, dan Siswa SDN 03 Pantai Makmur.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kepedulian sosial PT. PJB UP Muara Tawar bertepatan dengan ulang tahun ke-68 Kabupaten Bekasi. Lingkungan hidup dipilih menjadi perayaan Hari Konservasi Alam 2018.

“Bumi yang kita tinggali merupakan titipan untuk diwariskan kepada anak cucu. Karena itu, penting bagi kita untuk bertanggung jawab dan bersama-sama merawat lingkungan. Hari ini PJB UP Muara Tawar menanam 2.250 bibit pohon mangrove di PPI Paljaya,” kata Catur.

Catur menyampaikan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat.

“Kondisi pesisir memang memerlukan perhatian khusus, kami sangat mengapresiasi warga sekitar dan teman-teman komunitas yang peduli terhadap kondisi ini. PJB UP Muara Tawar Peduli berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan”. Tambah Catur.

Data The World Atlas of Mangroves tahun 2010 menyebutkan Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20 persen dari total luas kawasan hutan mangrove dunia yang mencapai sekitar 15 juta hektar.

Hutan mangrove bermanfaat besar bagi penduduk Indonesia yang mencapai 40 hingga 50 persen tinggal di daerah dekat pantai, yakni mencegah abrasi dan tsunami, serta peresapan air laut ke daratan. Oleh karena itu

Dirinya juga berharap upaya ini akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem secara sosial ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

Ditambahkannya, penanaman mangrove dilaksanakan oleh masyarakat, karena merekalah yang akan menerima manfaat langsung dan tidak langsung dari program ini.

Aktivitas  pemberdayaan masyarakat juga akan mencakup kegiatan konservasi di areal hutan mangrove, sehingga selain bisa menjadi dukungan sosial budaya, juga menjadi penunjang keanekaragaman hayati.

“Tugas yang diemban PT. PJB UP Muara Tawar untuk reforestasi baik di perairan atau di terestrial tidaklah sedikit,” pungkasnya. (Jar)

Print Friendly, PDF & Email

Author: 

Related Posts

Comments are closed.