Jayus Penggiat Burung Kutilang Indonesia : cegah kepunahan,Stop Pengkapan Burung Membabi Buta

Jayus Penggiat Burung Kutilang Indonesia : cegah kepunahan,Stop Pengkapan Burung Membabi Butaby adminon.Jayus Penggiat Burung Kutilang Indonesia : cegah kepunahan,Stop Pengkapan Burung Membabi Buta” PECINTA BURUNG , TUNTUTAN EKONOMI ATAU PELESTARIAN LINGKUNGAN ” Kalimat diatas setidaknya mengungkapkan kondisi terjadi di tanah Air, antara Penghoby Burung berkicau dan Penangkapan Burung Kicau di habitatnya. Kurun waktu dewasa ini, kontes burung sudah sangat sering kita dengar ditingkat, Desa, Kecamatan bahkan Tingkat Nasional sekalipun, penyelenggara nyapun mulai dari kepala Desa, hingga pejabat – […]

” PECINTA BURUNG , TUNTUTAN EKONOMI ATAU PELESTARIAN LINGKUNGAN ” Kalimat diatas setidaknya mengungkapkan kondisi terjadi di tanah Air, antara Penghoby Burung berkicau dan Penangkapan Burung Kicau di habitatnya. Kurun waktu dewasa ini, kontes burung sudah sangat sering kita dengar ditingkat, Desa, Kecamatan bahkan Tingkat Nasional sekalipun, penyelenggara nyapun mulai dari kepala Desa, hingga pejabat – pejabat tinggi negara tidak luput membuat even burung kicau.

Bagi pecinta burung kicau berpendapat, memeliki burung, merawat dengan sungguh-sungguh dan mereka disebut sebagai pencinta burung dan mencegah burung tersebut dari kepunahan.

jika perburuan burung untuk di perdagangkan dan lantas di jadikan peliharaan termasuk salah satu faktor penyebab terancam punahnya burung di Indonesia, apakah menangkap burung di alam itu di perbolehkan…?

Bukankah penangkapan burung secara besar-besaran di alam liar tanpa mempertimbangkan konservasi, yang secara nyata menimbulkan persoalan yang tidak baik di masa kini maupun masa yang akan datang.

Saat ditanya tentang fenomena penagkapan Burung Kutilang dengan membabi buta di Indonesia,terlihat di Dipasar burung Samvong Batang, Kabupaten Pekalongan
Jayus Penggiat Kutilang Indonesia menyinggung tentang kebiasaan yang terjadi di masyarakat. Seringkali masyarakat di Indonesia latah mengikuti tren yang sedang populer. Jika ada komoditas yang sedang naik popularitasnya, secara tak terduga mereka akan berusaha memiliki atau bahkan terlibat di dalam aktifitas ekonominya.

Hal tersebut juga terjadi di dunia perburungan. Jika ada jenis burung yang sedang naik popularitasnya, maka tiba-tiba semua penyuka burung kicauan ingin memelihara.  Karena banyaknya peminat, jenis burung yang tadinya hampir tidak laku di pasaran, tiba-tiba memiliki harga yang fantastis. Hal ini yang menyebakan orang beramai-ramai memburu dan memperjualbelikannya.

“ masyarakat kita ini masih sering menganggap satwaliar kita masih banyak, mental aji mumpung. Setiap orang menganggap masih banyak, namun ketika semua berpikiran sama, mereka tidak menyadari akan terjadi penangkapan besar-besaran dan menyebabkan punahnya populasi di alam dalam waktu yang sangat singkat,” tegasnya.

Sambung Jayus, Sangat rumit memang, karena umumnya kita baru sadar setelah akibat-akibat yang di rasakan, dan dibuat peraturan setelah kondisi telanjur parah.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Author: 

Related Posts

Comments are closed.