Kelurahan Pengasinan Kerjakan Program PTSL

Kelurahan Pengasinan Kerjakan Program PTSLby adminon.Kelurahan Pengasinan Kerjakan Program PTSLBekasi – Saat ini Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sebelumnya dikenal dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) tidak dipungut biaya masih terus berlangsung, bahkan saat ini sedang diadakan di Kelurahan Pengasinan hal ini dikatakan Sekertaris Kelurahan Pengasinan, Yudistira, yang juga ketua Tim PTSL, Jumat (19/1/18). “Untuk itu kami tegaskan kembali, untuk program Prona atau […]

Bekasi – Saat ini Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sebelumnya dikenal dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona) tidak dipungut biaya masih terus berlangsung, bahkan saat ini sedang diadakan di Kelurahan Pengasinan hal ini dikatakan Sekertaris Kelurahan Pengasinan, Yudistira, yang juga ketua Tim PTSL, Jumat (19/1/18).

“Untuk itu kami tegaskan kembali, untuk program Prona atau sekarang disebut Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) , warga diminta untuk mempersiapkan kelengkapan surat tanah sesuai dengan persyaratan pengajuan prona,
sehingga warga semakin menyadari pentingnya peningkatan kepemilikan tanahnya sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari,”ujarnya.

Sambungnya, PTSL dilakukan dalam rangka memberikan jaminan kepastian hukum terkait hak atas tanah sebagai bukti hak kepemilikan. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, sehingga pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendaftaran tanah di seluruh Indonesia.

Sementara Hasan Nudin sebagai PPAT Kelurahan Pengasinan mengatakan per dua Januari ada sekitar 40 bidang yang sudah mengajukan,

“Kita sekarang sedang melakukan verifikasi terhadap berkas-berkas yang sudah masuk. Mudah mudahan target PTSL sebanyak seribu bidang akan bisa selesai pada akhir tahun nanti,” katanya.

masyarakat diimbau untuk segera melengkapi persyaratan serperti fotokopi KTP, KK, SPPT, dan bukti kepemilikan tanah yang lainnya.

” masyarakat yang belum melengkapi berkas kami imbau segera melengkapi. BPN Majalengka sekarang sedang menyeleksi. Ketika BPN melakukan revisi dan ditemukan persyaratan belum lengkap, maka bisa dianulir permohonan sertifikat itu. Karena hingga per Januari ini, pendataan dan berkas-berkas pemohon yang sudah masuk kepada tim sudah mencapai 40 bidang,”ujarnya.

Seperti kita ketahui bahwa Program PTSL ini adalah program yang didasari oleh Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

Program ini merupakan peluang emas bagi masyarakat untuk mengesahkan kepemilikan hak atas tanah melalui penerbitan sertifikat bersubsidi dari pemerintah.(Jar)

Print Friendly, PDF & Email

Author: 

Related Posts

Comments are closed.