Minimarket Tak Berizin Menjamur di Bekasi

Minimarket Tak Berizin Menjamur di Bekasiby adminon.Minimarket Tak Berizin Menjamur di BekasiBekasi – Menjamurnya outlet minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang beroperasi di Kota Bekasi hingga kini masih banyak belum mengantongi izin nekat berdiri dan bahkan sudah beroperasi. Seperti diketahui dalam Perda Kota Bekasi Nomor 7 tahun 2012 tentang penataan dan pembinaan pusat perbelanjaan, dan toko modern. Waralaba harus mengikuti aturan yang ditetapkan pemda setempat, namun […]

Bekasi – Menjamurnya outlet minimarket seperti Indomaret dan Alfamart yang beroperasi di Kota Bekasi hingga kini masih banyak belum mengantongi izin nekat berdiri dan bahkan sudah beroperasi.

Minimarket Tak Berizin Menjamur di Bekasi

Mini Market Menjamur

Seperti diketahui dalam Perda Kota Bekasi Nomor 7 tahun 2012 tentang penataan dan pembinaan pusat perbelanjaan, dan toko modern. Waralaba harus mengikuti aturan yang ditetapkan pemda setempat, namun tidak demikian adanya.

Pada kenyataanya banyak toko modern tidak mematuhi peraturan tersebut serta tidak memiliki IUTM.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kota Bekasi Herbert Panjaitan mengakui maraknya waralaba di Kota Bekasi tak mengantongi izin. Setidaknya 70 persen atau sekitar 303 toko minimarket Indomaret sudah beroperasi namun IUTM-nya belum keluar.

Sedangkan untuk toko Alfamart, kata dia, sekitar 30 persen atau sebanyak 330 toko yang belum terbit IUTM-nya. Herbert berjanji akan terus melakukan penindakan dan menekan para pengusaha toko modern untuk segera mengurus IUTM.

“Kami sudah melakukan penindakan terkait hal ini. Kami berjanji akan terus menindak terkait penataan, dan kepemilikan IUTM di setiap toko Alfamart dan Indomaret,” kata Herbert, Selasa (12/05/2015).

Diakui dia, sejauh ini pihaknya sudah melakukan imbauan kepada para pengusaha toko tersebut untuk mengurus izinnya. Sehingga apabila tak diurus izin usaha, pihaknya akan bertindak tegas.

“Kalau tetap tidak diindahkan dan kita beri Surat peringatan keras kita layangkan, bahkan langung ke kantor pusat masing-masing pemegang merek outlet seperti Indomaret dan Alfamart. Kalau tidak diindahkan juga, kita akan lakukan penindakan berupa penyegelan dan cabut izinnya,”Tegasnya.

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

Author: 

Related Posts

Comments are closed.