Celoteh Bekasi

Berita Seputar Bekasi dan Sekitarnya

10 views

Money Politic Warnai Pemilihan Rw Desa Sumber Jaya

Published on Des 29 2014 // Bekasi Terkini, Politik, Top

Kabupaten Bekasi – Pemilihan ketua RW di kampung Buwek, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Utara berjalan serentak.(28/12) terdapat 2 RW yang melakukan pemilihan ini, yaitu Rw 020 dan Rw 022 dan ini merupakan pertama kalinya pemilihan Rw yang dipilih oleh masyarakatnya secara langsung dengan cara mencoblos di TPS diwilayah tersebut.

Money Politic Warnai Pemilihan Rw Desa Sumber Jaya

Money Politic Warnai Pemilihan Rw Desa Sumber Jaya

Namun, ada pemandangan yang menarik pada pemilihan secara langsung ini, yaitu dengan adanya permainan money politik yang dilakukan oleh bakal calon dari Rw 020 dalam menjaring suara untuk memilih dirinya.

Menurut penuturan salah satu warga yang mendapat uang pemberian dari bakal calon tersebut, dirinya mengaku mendapat uang dari bakal calon Rw 020 sebesar 500ribu, dan meminta agar seluruh sanak saudara mereka untuk memilih bakal calon yang bernama  Husni Rizal yang merupakan bakal calon Rw 020 dengan berlogo Apel yang cukup di unggulkan di kampung tersebut.

“ saya dikasih uang langsung sama bakal calon rizal untuk memilih dirinya pada pemilihan ketua rw ini, dan meminta agar uang tersebut diberikan ke sanak saudara saya,maka supaya kebagian semua uang tersebut saya bagi-bagi dan rata-rata mendapat jatah 10-20 ribu.”Ujarnya

Pria yang enggan menyebutkan namanya ini mengaku, malam sebelum pemilihan ketua Rw ini, sempat mendapat terror dan intervensi dari kubu yang memberi uang kepada dirinya agar tidak menyebarkan informasi ini kepada masyarakat lain, padahal dia melihat banyak sekali warga yang juga diberikan uang sebagai bentuk dukungan dari bakal calon tersebut, termasuk para tokoh masyarakat di kampungnya.

“ yang dapat jatah bukan saya aja, tokoh masyarakat dan seluruh warga juga dapat, namanya juga dapat duit, ya saya terima aja.” terangnya kepada ….

Di tempat yang berbeda, Hasyim Azhari yang merupakan bakal calon Rw 020 logo duren merasa perlakukan money politic yang dilakukan kubu lawannya dalam menjaring suara merupakan  tindakan inkonstitusional dan harus dihindari dalam pemilihan kali ini.

Dirinya menilai, tindakan money politic dengan membagi-bagikan uang kepada masyarakat tidak perlu dilakukankarenaini jelas tidak mendidik dan akan berimbas dan berefek negative pada perilaku masyarakat kedepannya.

“ saya sangat menyayangkan tindakan money politic yang dilakukan kubu lawan saya, bila pemilihan tingkat Rw saja sudah bermain politik uang apalagi smpai tingkat diatasnya. Nmasyarakat pun sekarang sudah cukup cerdas dalam memilih pemimpinnya ”Ungkapnya.

Dia berharap kedepannya tidak ada lagi permainan money politic yang dilakukan oknum maupun pasangan calon dari kubu mamapun, karena jelas ini sangat merugikan masyarakat terutama mentalnya.(GUN)

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

comment closed

Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!