Pasca Lebaran Tak Ada Operasi Yustisi di Kota Bekasi, Ini Penjelasan Disdukcapil

Pasca Lebaran Tak Ada Operasi Yustisi di Kota Bekasi, Ini Penjelasan Disdukcapilby adminon.Pasca Lebaran Tak Ada Operasi Yustisi di Kota Bekasi, Ini Penjelasan DisdukcapilBekasi – Operasi yustisi yang kerap digelar di Kota Bekasi setelah Lebaran kini telah tiada. Operasi penertiban orang-orang pendatang itu diputuskan tak akan lagi digelar di Kota Bekasi setelah Lebaran 2019 (1440 H). Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) meningkatkan pemeriksaan pada pendatang di masa-masa arus balik Lebaran. Mereka yang tidak […]
Bekasi – Operasi yustisi yang kerap digelar di Kota Bekasi setelah Lebaran kini telah tiada. Operasi penertiban orang-orang pendatang itu diputuskan tak akan lagi digelar di Kota Bekasi setelah Lebaran 2019 (1440 H).

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) meningkatkan pemeriksaan pada pendatang di masa-masa arus balik Lebaran. Mereka yang tidak ber-KTP didata dan dimintai keterangan.

“Nantinya kita akan berkoordinasi melalui Kecamatan dan Kelurahan untuk mendata ulang warga pendatang, jadi kita tidak perlu melakukan razia yustisi atas alasan menghormati hak asasi manusia,” kata Kepala Disdukcapil Kota Bekasi, Taufiq kepada awak media, Kamis, 13 Juni 2019.
Taufiq juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Bekasi, baik warga asli maupun warga pendatang agar melengkapi dengan tiga dokumen kependudukan sipil yakni KTP Elektronik, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga.
Hal itu akan memudahkan warga untuk mengurus hal-hal lainnya.
“Jadi jangan baru membuat akte, atau merekam E-KTP kalau sudah kepepet. Mau bikin BPJS atau mau bikin paspor tapi belum rekam E-KTP atau belum punya akte, lalu baru merekam. Jangan seperti itu. Usahakan saat belum, cepat dibuat,” himbau Taufiq.
Pasca Lebaran tahun 2019 ini, Disdukcapil sudah mulai mendata di beberapa Kelurahan.
Dari kegiatan tersebut, Disdukcapil berkerjasama dengan Dinas Sosial dan aparat kewilayaan mengimbau kepada para pendatang untuk selalu membawa dokumen kependudukan. (fajar)

Author: 

Related Posts

Comments are closed.