Pencemaran Kali Bekasi Melebihi Batas, Menteri PU Buat Siphon

Pencemaran Kali Bekasi Melebihi Batas, Menteri PU Buat Siphonby adminon.Pencemaran Kali Bekasi Melebihi Batas, Menteri PU Buat SiphonBekasi – Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto hari ini meresmikan 3 proyek infrastruktur air skala nasional. Proyek itu antaralain 1 proyek infrastruktur pipa jaringan air bersih (siphon) yang sudah diresmikan dan 2 pencanangan proyek infrastruktur air irigasi (bendung). Dua proyek pencanangan itu antaralain irigasi Randangan di Gorontolo dan Bendung Gerak Jabung di Lampung. […]

Bekasi – Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto hari ini meresmikan 3 proyek infrastruktur air skala nasional. Proyek itu antaralain 1 proyek infrastruktur pipa jaringan air bersih (siphon) yang sudah diresmikan dan 2 pencanangan proyek infrastruktur air irigasi (bendung).

Pencemaran Kali Bekasi Melebihi Batas, Menteri PU Buat Siphon

Pencemaran Kali Bekasi Melebihi Batas, Menteri PU Buat Siphon

Dua proyek pencanangan itu antaralain irigasi Randangan di Gorontolo dan Bendung Gerak Jabung di Lampung. Untuk proyek siphon di Bekasi, dibangun untuk penyediaan air baku bersih bagi wilayah DKI Jakarta. Selama ini, aliran air baku dari saluran Tarum Barat tercampur oleh air Sungai Bekasi.

“ pencemarannya kali Bekasi telah melebihi batas toleransi. Tercatat konsentrasi sendiment Kali Bekasi mencapai 5.000 mg/l, sementara itu baku standar air menurut Kementerian Pekerjaan Umum sebesar 500-2000 mg/l. Maka dari itu alasan dibangunnya sipon Bekasi yang dibiayai APBN dan Asian Development Bank,” kata menteri PU Djoko Kirmanto.

Djokir menambahkan proyek siphon ini dimulai pembangunannya sejak pertengahan tahun 2010. Proyek ini menelan biaya hingga Rp 21,8 miliar.

Kontruksi siphon dibangun sepanjang 98 meter berada 11 meter di bawah permukaan air Sungai Bekasi.(JAR)

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

Author: 

Related Posts

Comments are closed.