Proyek Tanpa Papan Nama Marak di Kota Bekasi

Proyek Tanpa Papan Nama Marak di Kota Bekasiby adminon.Proyek Tanpa Papan Nama Marak di Kota BekasiBekasi – Lagi, proyek tanpa plang nama atau yang diduga proyek siluman kembali bermuculan dan menjamur di Kota Bekasi. Soalnya, dalam pelaksanaanya kerap ditemukan tidak dicantumkannya papan nama proyek oleh rekanan di lokasi. Hal ini terjadi diduga karena lemahnya sistim pengawasan dari dinas terkait. Seperti pada pengerjaan saluran air di daerah Rawa Bugel, RT 03/03 […]

Bekasi – Lagi, proyek tanpa plang nama atau yang diduga proyek siluman kembali bermuculan dan menjamur di Kota Bekasi. Soalnya, dalam pelaksanaanya kerap ditemukan tidak dicantumkannya papan nama proyek oleh rekanan di lokasi. Hal ini terjadi diduga karena lemahnya sistim pengawasan dari dinas terkait.

Proyek Tanpa Papan Nama Marak di Kota Bekasi

Proyek Tanpa Papan Nama Marak di Kota Bekasi

Seperti pada pengerjaan saluran air di daerah Rawa Bugel, RT 03/03 dan RT02/03, Marga Mulya Bekasi Utara dengan pengerjaan sepanjang 400 meter.

Dari pantauan di lokasi proyek, pihak rekanan / kontraktor tidak mencatumkan papan informasi proyek. Padahal fungsi papan informasi ini sebagai bentuk transparansi penggunaan keuangan negara agar masyarakat luas bisa mengetahui berapa anggaran, dan dinas mana yang memberikan pekerjaan tersebut.

Menanggapi hal itu, DPW LSM Sisir, M. Sitanggang menegaskan pemasangan papan informasi proyek merupakan hal yang penting dalam rangka transparansi dalam mengkelola keuangan negara sehingga masyarakat luas bisa ikut mengawasi pelaksanaan proyek.

Jika masih ada para rekanan yang tidak mencantumkan plang nama proyek, jelas melanggar Undang – Undang KIP Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. “Proyek tanpa plang nama  melanggar UU dan Peraturan Presiden,” katanya kepada Celoteh Anak Bekasi ketika ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menurut dia, papan informasi proyek bertujuan agar pelaksanaan setiap proyek itu dapat berjalan dengan transparansi. Plang nama itu hendaklah dipasang selama pengerjaan proyek hingga selesai, bahkan tetap dipasang sampai masa pemeliharaan. “Kalau ada papan informasi proyek pada proses pekerjaan yang menggunakan uang negara, hasilnya dapat dipantau dan dinilai bersama. Namun, jika tidak ada papan informasi proyek itu bisa menjadikan paket proyek itu disebut proyek siluman “Kog berani sekali rekanan bekerja tanpa papan informasi proyek,” kata Sitanggang

Karena itu, Sitanggang memberikan sinyal isyarat, jangan aji mumpung atau mentang – mentang dekat dengan pejabat sehingga enaknya menabrak aturan yang telah ditetapkan menyebabkan proyek ini rawan untuk dikorupsi.

Dia juga menyayangkan sikap dinas terkait yang seakan – akan membiarkan proyek tanpa papan informasi. “Jadi ada upaya rekanan dan dinas terkait melakukan penyimpangan.” (JAR/Nort)

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

Author: 

Related Posts

Comments are closed.