oleh

Tak Berizin, Komisi Penilai Amdal Minta Segel Pembanguanan Gedung PT Kiat Ananda Cold Storage

Bekasi – Pembangunan dan pemberian izin gudang PT. Kiat Ananda Cold Storage (KACS) dengan luas lahan 8 Hektare yang berada di RT 01 RW 01 Kelurahan Ciketing Udik, Kecamatan Bantar Gebang diduga tidak sesuai Perda. Dewan pemerhati lingkungan minta pemerintah Kota Bekasi Memberi sanksi administratif dari Dinas Lingkungan Hidup dan pihak wasdal untuk menyegel.

Foto : Tak Berizin, Komisi Penilai Amdal Minta Segel Pembanguanan Gedung PT Kiat Ananda Cold Storage

” Kan kalau aturannya urus izin dulu, kalau izinnya beres baru bisa bangun,Ini bangunan sudah ada, baru mau urus izin kan melanggar, kudu diberi sanksi administratid dari dinas lingkungan dan menyegel,” kata Tengku Imam Kobul Moh Yahya S, anggota Komisi Penilai Amdal Kota Bekasi, saat ditemui, Jumat (08/03/19).

Pria yang akrab disapa bang Imam meminta,pihak Pemkot Bekasi harus jeli melihat bangunan-bangunan yang berdiri tanpa mengantongi izin di wilayah Kota Bekasi.

“Jangan setelah mulai dibangun baru ketahuan belum mengantongi izin. Apalagi ini, bangunan gudang sisamping percis dengan pemukiman warga,apa.mungkin diduga ada orang yang membekingi dibelakangnya pembuatan gedung tersebut” jelas Imam.

Sambung Imam, menurutnya untuk pembuatan izin itu butuh waktu yang sangat panjang dan butuh kajian.

” Kemaren baru kita sidang dengan pihak DLH (Dinas Lingkungan Hidup) ijin dan terbukti belum ada, Izin lingkungan itu butuh minimal 115 hari atau antara 3-6 bulan, izin pengambilan air tanah itu di bekasi susah bisa sampe 6 bulan sampai 1 tahun. Masa Sim Salabim izinnya langsung selesai,kalau memang sudah selesai coba perlihatkan buktinya” cetua Imam.

Terpisah, Kepala bidang pengendalian pengawasan bangunan (wasbang) Kelurahan Mustika Jaya,
Kecamatan Bantar Gebang bernama Sahid mengaku, persoalan izinnya ia serahkan kepada seseorang Kasie Pem Kelurahan Sepanjang jaya yang juga sepupu Rayrendra mantan Sekda Kota Bekasi untuk mengurusnya.

“Ya, itu bangunan gudang pertama saya yang mengurus ijinnya gudang PT. Kiat Ananda Cold Storage (KACS) dan mengenai pembangunan gudang yang kedua Masalah izinnya, ada yang ngurusi itu namanya doni yang juga adik ipar Rayrendra,mantan sekda,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Sementara Ketua Rukun Warga (RW) 01, Ajum mengatakan terkait izin tetangga dirinya pun belum pernah menanda tangan tentang pembangunan gudang dengan luas delapan hektar.

“Tidak ada, demi Allah saya belum pernah tanda tangan terkait izin pembangunan gudang itu,” ungkap RW Ajum.(Fjr)