Ultah Kota Bekasi Sisakan Kesedihan Masyarakat Bantargebang

Ultah Kota Bekasi Sisakan Kesedihan Masyarakat Bantargebangby adminon.Ultah Kota Bekasi Sisakan Kesedihan Masyarakat BantargebangBekasi – Selama beberapa hari lalu, aparatur pemerintahan daerah dan masyarakat bersuka ria memperingati Hari Jadi Kota Bekasi ke-20. Sayangnya, beragam seremoni dan euforia ulang tahun ‘Kota Patriot’ ini ternyata menyisakan kesedihan bagi masyarakat tiga kelurahan di Kecamatan Bantargebang. Kucuran dana kompensasi sampah tahap II untuk dua triwulan akhir tahun 2016 yang dinanti warga Kelurahan […]

Bekasi – Selama beberapa hari lalu, aparatur pemerintahan daerah dan masyarakat bersuka ria memperingati Hari Jadi Kota Bekasi ke-20. Sayangnya, beragam seremoni dan euforia ulang tahun ‘Kota Patriot’ ini ternyata menyisakan kesedihan bagi masyarakat tiga kelurahan di Kecamatan Bantargebang.

Ultah Kota Bekasi Sisakan Kesedihan Masyarakat Bantargebang

Kucuran dana kompensasi sampah tahap II untuk dua triwulan akhir tahun 2016 yang dinanti warga Kelurahan Cikiwul, Ciketingudik, dan Sumurbatu, belum juga terealisasi. Padahal, sebagian masyarakat lainnya yang juga berdomisili di tiga kelurahan tersebut sudah menikmati ‘uang bau’ melalui pencairan tahap I sejak Januari lalu.

Setiap warga menerima Rp 1 juta melalui rekening bank untuk triwulan III dan triwulan IV tahun 2016.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun bekasicenter.com, dari 18.024 kepala keluarga (KK) yang terdaftar sebagai penerima dana kompensasi, baru 12.481 KK yang sudah menikmati ‘uang bau’ untuk dua triwulan akhir tahun 2016.

Sedangkan sisanya masih berharap cemas dalam penantian yang tak pasti karena belum ada kejelasan kapan dana kompensasi sampah tahap II bakal dicairkan.

Lambannya pencairan dana kompensasi sampah tahap II ini menimbulkan kesan kurangnya kepedulian Pemkot Bekasi terhadap masyarakat yang terkena dampak adanya lokasi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang. “Pemkot Bekasi pura-pura tuli dengan penderitaan masyarakat tiga kelurahan di Kecamatan Bantargebang,” ungkap Ketua RT 005 RW 03 Kelurahan Cikiwul, Pa’ing Sunaryo.

Pa’ing menyatakan miris dengan sikap Pemkot Bekasi yang sudah mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit untuk perayaan HUT Kota Bekasi. “Tapi untuk mencairkan dana kompensasi yang sudah jelas menjadi hak masyarakat tiga kelurahan mengapa begitu sulit? Tolong jangan permainkan nasib masyarakat,” tegasnya.

Pa’ing lalu menuding tentang bobroknya sistem administrasi yang diterapkan Pemkot Bekasi.

“Sudah jelas Pemprov DKI Jakarta memberikan sebagian dana bantuannya untuk masyarakat langsung, kenapa belum juga diterima warga? Ini kan hak masyarakat,” ungkap dia.

Sementara itu saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan singkat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jumhana Luthfi, menyatakan dirinya akan melakukan pengecekan, Senin (13/3). “Nanti saya cek ke bendaharawan dan Bank Jabar,” begitu tulis pesan singkatnya.(ML)

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

Author: 

Related Posts

Comments are closed.