Walikota Bekasi Buka Musrenbang RKPD TA 2016 Kota Bekasi

Walikota Bekasi Buka Musrenbang RKPD TA 2016 Kota Bekasiby adminon.Walikota Bekasi Buka Musrenbang RKPD TA 2016 Kota BekasiBekasi – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi didampingi Wakil Walikota Bekasi, Ahmat Syaikhu membuka dan meresmikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran 2016 yang berlangsung di Aula Asrama Haji Kota Bekasi Kamis, (12/3). kegiatan musrenbang tersebut diikuti seluruh SKPD Pemkot Bekasi dan mitra kerja Pemkot Bekasi DPRD Kota Bekasi beserta Camat […]
  Walikota Bekasi Buka Musrenbang RKPD TA 2016 Kota Bekasi

Walikota Bekasi Buka Musrenbang RKPD TA 2016 Kota Bekasi

Bekasi – Walikota Bekasi, Rahmat Effendi didampingi Wakil Walikota Bekasi, Ahmat Syaikhu membuka dan meresmikan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran 2016 yang berlangsung di Aula Asrama Haji Kota Bekasi Kamis, (12/3). kegiatan musrenbang tersebut diikuti seluruh SKPD Pemkot Bekasi dan mitra kerja Pemkot Bekasi DPRD Kota Bekasi beserta Camat dan Lurah dan pejabat struktural esseoln III yang membawahi bidang perencanaan.

Walikota Bekasi mengungkapkan banyaknya camat Kota Bekasi yang tidak pegang data rencana kegiatan diwilayahnya, padahal telah dilaksanakan secara berjenjang “ Tidak semua camat pegang data atau mengetahui rencana kegiatan di wilayanya. Dia menyayangkan hal itu bisa terjadi, dan kembali menekankan pentingnya sinergitas antara camat, lurah dan UPTD SKPD yang berada di tingkat kecamatan sehingga mampu menjawab kebutuhan warga masyarakat

“Camat dan lurah yang punya program di wilayahnya. para Kepala UPTD bertugas membantu lurah dan camat sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing. jadi diperlukan komunikasi yang sinergis agar dapat secara bersama-sama mampu menyelesaikan tiap persoalan di wilayah,” kata Pepen sapaan akrab Walikota Bekasi

Menurutnya, sinergitas kelembagaan menjadi poin penting guna meraih keberhasilan proses pembangunan. “Kita tidak mengejar kesempurnaan, hanya saja harus berusaha secara optimal guna menyempurnakan proses yang sedang kita kerjakan dan rencanakan selanjutnya,” pungkasnya.

Kegiatan musrenbang lanjut Walikota, merupakan forum guna memfasilitasi berbagai usulan masyarakat menyangkut skala prioritas pembangunan di wilayahnya masing – masing. berbagai usulan tersebut kemudian diakomodir oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bekasi dengan meng-inputnya dalam sistem e-planing yang diharapkan lebih objektif dan sistematik.

Walikota juga berharap agar musrenbang RKPD dapat menjadi tonggak perencanaan program pembangunan yang baik dan mampu mengakomodir seluruh kepentingan masyarakat “Semua usulan masyarakat mulai dari tingkat kelurahan dan kecamatan dibahas dalam forum RKPD. Untuk itu reorientasikan kepentingan masyarakat, kemudian disusun, disajikan dan dibahas bersama dengan Ketua, wakil ketua dan seluruh anggota DPRD Kota Bekasi yang mewakili masyarakat Kota Bekasi,” tutur Ramnat Effendi.

Dalam tahun 2016 mendatang, Pemerintah Kota Bekasi memprioritaskan pembangunan bidang infrastruktur dan utilitas berdasarkan pokok-pokok RPJMD Kota Bekasi 2013-2018. Musenbang RKPD ini merupakan tahapan proses untuk mendapatkan berbagai penyempurnaan program prioritas sebagai dasar penyusunan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2016 yang akan disampaikan kepada DPRD Kota Bekasi.

Dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi, M Dian mengatakan, kegiatan Musrenbang merupakan mengumpulkan aspirasi masyarakat. sehingga, usulan dalam musrenbang wajib direalisasikan ”Oleh sebab itu dengan adanya program Musrenbang ini sangat bagus, untuk menampung aspirasi masyarakat. sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa kita realisasikan dan pelaksanaannya juga kita kontrol. dengan demikian kualitas kerjaan bisa lebih baik,” pungkasnya (NORT).

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Related Post

Author: 

Related Posts

Comments are closed.