oleh

Jalin Senergitas, KPU Lakukan Kunjungan Kekantor Kesbangpol Kota Bekasi

Bekasi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) lakukan kunjungan ke kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bekasi pada Rabu, (28/1/2020) kemarin.

Koordinator Devisi Teknis Pelaksana KPU Kota Bekasi Ali Syaifa mengatakan, selain mempererat hubungan antar lembaga, kunjungan ini juga mambahas sekaligus mensinergikan program yang menyasar tentang peningkatan kualitas kematangan demokrasi.

“Dan ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menciptakan kualitas demokrasi dan berpolitik yang sehat.” kata Ali ketika ditemui diruang kerjanya Kamis, (30/1/2020).

KPU Kota Bekasi lanjut Ali memiliki program yang hampir sama dengan Kesbangpol yaitu program pendidikan politik berkelanjutan pasca pemilu 2019.

Menurutnya, pendidikan politik tidak boleh berhenti hanya sebatas pada masa pemilu, namun perlu dilanjutkan pasca pemilu agar pemilu bisa lebih berkualitas.”Politik berkualitas parameternya publik atau masyarakat yang menjadi agen sehingga terjadi perubahan sosial.” ujarnya

Untuk program ini, KPU juga sudah mempersiapkan beberapa narasumber untuk berbicara tentang politik, pemilu, demokrasi dan pemerintah sehingga bisa mewarnai dan mendorong iklim politik yang baik.

“Dan kita selalu berkoordinasi dengan Pemda, tapi kita juga kan tetap mengedepankan etika lembaga sesuai tufoksi masing-masing,”ucapnya.

Terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Kota Bekasi Cecep Suherlan menyambut baik kunjungan rombongan KPU Kota Bekasi. Pihaknya pun mengapresiasi gagasan dari KPU prihal program pendidikan politik berkelanjutan tersebut.

“Saya senang dengan komunikasi yang sudah terjaga dengan baik selama ini. Dan kami pun siap menfasilitasi program KPU tersebut. Apalagi, kita saling berbagi pasca pemilu 2019 dengan proses demokrasi yang berjalan dinamis,” katanya saat dihubungi melalui telepon.

Cecep pun berharap sinergitas kedua lembaga ini perlu ditingkatkan lagi kedepannya.” Kami harap kedua lembaga ini dapat bersinergi dalam berbagai kegiatan khususnya mengenai pendidkkan politik kepada masyarakat agar proses demokrasi kita semakin matang,” ungkapnya. (*)

News Feed