Megasah Bakat Dan Penganal Kearifan Lokal, SMAN 4 gelar Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Bekasi – Project penguatan Profil Pelajar Pancasila tahun pertama yang mengusung tema Kearifan Lokal dan Kewirausahaan yang akan di gelar 15 November hingga 20 Desember 2022 di SMAN 4 kota Bekasi.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan yang sudah disepakati oleh guru pengajar.

Atas hal itu, maka SMAN 04 kota Bekasi memberi contoh proyek utama dengan mengasah bakat dan juga kemampuan dalam mengenal budaya kearifan lokal dan bidang kewirausahaan yang akan diselenggarakan puncak unjuk karya berupa pagelaran seni tradisi budaya Bekasi dan juga stand bazar. Proyek ini memberikan kesempatan siswa siswi untuk mengeksplorasi budaya Bekasi.

“Selain itu, proyek ini dapat menjadikan sebagai sarana bagi peserta didik dan warga sekolah untuk menjalankan bagaimana prosedur tentang kerja sama, membangkitkan jiwa enterpreueneur dan kemandirian,” penanggung jawab Projects ini adalah Kepala Sekolah, Ibu Hj.Rusti Setiyarti, S.Pd,MM. tutur ketua Projects Retna Ariani SMAN 04 Kamis (18/11/2022)

Retna Ariani menjelaskan kegiatan Project penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dilaksanakan dengan TEMA 1 : KEARIFAN LOKAL (15-25 November 2022)
Tanggal 15-23 November 2022 : Studi Literatur/Studi Kepustakaan
Tanggal 24-25 November 2022 :
Konsultasi dengan Fasilitator dan Guru pendamping
Observasi Lapangan/outing Class

Dimensi Profil Pancasila yang dicapai pada Tema 1 :
BERIMAN DAN BERTAQWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, BERAKHLAK MULIA
BERGOTONG ROYONG
KREATIF

TEMA 2 : KEWIRAUSAHAAN (28 November – 9 Desember 2022)
Tanggal 28 November – 7 Desember 2022 : Studi Literatur/ Studi Kepustakaan
Tanggal 8-9 Desember 2022 :
Konsultasi dengan Fasilitator dan Guru pendamping
Observasi Lapangan/outing Class
Dimensi Profil Pancasila yang Dicapai pada Tema 2:
KREATIF
MANDIRI
BERGOTONG ROYONG
Keterangan :
Presentasi makalah hasil Tema 1 dan 2 dilaksanakan pada 12-16 Desember 2022

Puncak Unjuk Karya dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2022.

“Proyek ini dikembangkan dengan bimbingan wali kelas dan guru mata pelajaran yang kemudian digabungkan dalam satu event diakhir proyek pada akhir semester. Proyek utama yang akan mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang kewirausahaan dikenal dengan sebutan market day dengan adanya stand Bazar ujarnya

Selain itu, tambahnya, Proyek ini juga melatih anak dari dasar tentang bagaimana caranya berinteraksi, mengelola penjualan dan melayani konsumen. Proyek tersebut dapat dijadikan sebagai sarana bagi peserta didik dan warga sekolah, untuk menjalankan bagaimana prosedur tentang kerja sama, membangkitkan jiwa enterpreueneur dan kemandirian.tutupnya.